Minggu, 21 Oktober 2012

sifat domba

jika perhatikan dengan seksama, domba memiliki beberapa sifat yang terkadang orang tidak menyadarinya. berikut beberapa sifat domba :

  • domba tidak berjalan lurus
  • domba senang bergerombol
  • domba hewan berjiwa sosial
  • domba berjiwa pemimpin
  • domba adalah hewann yang berkelompok
  • domba tidak suka melawan
  • domba adalah hewan yang berjiwa sosial
  • domba memiliki indra yang tajam
  • domba bertoleransi kuat terhadap rasa sakit
Jangan pernah berjalan lurus
Domba tidak pernah Berjalan dalam jalan yang lurus. Jalan yang berliku ini akan memungkinkan domba untuk mengamati bagian belakang mereka dengan menggunakan satu mata, kemudian yang lain.dan dengan jalan yang berliku ini Domba dapat melihat anjing atau merasakan bahaya bahaya lainnya dari jarak 1.200 sampai 1.500 meter.

Tunggu aku ( sifat bergerombol )
Domba memiliki naluri yang kuat untuk mengikuti domba-domba di depan mereka.Ketika seekor domba memutuskan untuk pergi ke suatu tempat, sisa dari kawanan biasanya mengikuti, bahkan jika tidak baik "keputusan." Misalnya, domba akan mengikuti satu sama lain untuk pembantaian. Jika seekor domba melompat dari tebing,yang lain akan mengikuti. Bahkan dari lahir, domba dikondisikan untuk mengikuti anggota yang lebih tua domba. Naluri ini adalah "terprogram" ke domba-domba. Ini bukan sesuatu yang mereka "berpikir" tentangnya.

Domba Adalah Hewan yang berjiwa sosial
Domba adalah hewan yang sangat sosial. Domba tercatat memerlukan kehadiran setidaknya 4 atau 5 domba yang merumput bersama-sama ketika menjaga hubungan visual untuk satu sama lain.
Jiwa Kepemimpinan ( selalu ada pemimpin)

Ada
Keturunan tertentu domba di Islandia yang dikenal sebagai Domba Pemimpin. Domba Pemimpin adalah hewan yang sangat cerdas yang memiliki
kemampuan dan naluri untuk memimpin rumah kawanan selama kondisi sulit. Mereka memiliki kemampuan luar biasa untuk merasakan bahaya. Ada banyak cerita di Islandia dari leadersheepmenyelamatkan banyak nyawa selama roundups jatuh pada saat badai salju mengancam gembala dan ternak sama.

 

berkelompok bersama-sama

insting berkelompok paling kuat pada trah wol halus, tapi ada di semua trah domba, sampai batas tertentu. Dengan naluri ini tentu akan memudahkan seorang penggembala untuk menggembala,menjaga dan memindahkan domba dalam jumlah yang banyak atau besar
Domba suka berteman. Mereka biasanya akan tinggal bersama-sama dalam kelompok sementara merumput. Domba akan menjadi sangat gelisah jika dipisahkan dari grup.kegiatan jadi kesatuan dalam kelompok besar adalah kebiasaan yang ada guna untuk melindungi domba dari para predator , karena predator biasanya akan pergi setelah Domba domba ini bersatu dalam kawanan.




 

1 komentar: